Pengajaran Berhitung Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Wali Ate

Authors

  • Samuel Rex Mulyadi Making Universitas Katolik Weetebula
  • Yulis Keremata Lede Universitas Katolik Weetebula

Keywords:

Operasi bilangan bulat, bilangan desimal, bilangan pecahan

Abstract

Belajar matematika sangat penting bagi anak usia sekolah dasar (Cornelius dalam Abdurahman, 2003: 253), oleh karena itu perlu dilakukan suatu perencanaan dan perbaikan cara belajar yang dapat meningkatkan pemahaman bagi anak usia sekolah dasar berdasarkan kebutuhan belajar mereka. Di Desa Wali Ate masih banyak anak usia sekolah dasar yang mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika khususnya pada materi operasi bilangan bulat, operasi bilangan desimal dan operasi pada bilangan Pecahan (bilangan rasional). Berdasarkan masalah di atas, maka perlu dilakukan pembelajaran berhitung bilangan bulat, bilangan desimal dan bilangan pecahan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi pada bilangan bulat, bilangan desimal dan bilangan pecahan bagi anak usia Sekolah Dasar di desa Wali Ate. Adapun Tahapan awal yang akan dilakukan adalah pemberian pretets. Setelah pemberian pretes, selanjutnya diberikan perlakuan yaitu pengajaran operasi bilangan bulat, operasi pada bilangan desimal dan bilangan pecahan (bilangan desimal) dan selanjutnya pemberian posttest. Berdasarkan hasil posttest di atas, terlihat bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman berhitung pada anak usia sekolah dasar di desa Wali Ate. Dari hasil pretest dan posttest tersebut, dapat menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran ini memberi  manfaat yang baik bagi anak-anak usia sekolah dasar di desa Wali Ate dalam memahami materi tentang perhitungan dasar.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Samuel Rex Mulyadi Making, & Yulis Keremata Lede. (2023). Pengajaran Berhitung Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Wali Ate. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat IPTEKS, 1(1), 18–24. Retrieved from https://journal.rajawalimediautama.id/index.php/jppmi/article/view/27

Issue

Section

Articles