Revitalisasi Manajemen Berbasis Sekolah: Upaya Sistemik Meningkatkan Efektivitas Guru dan Kualitas Pendidikan

Authors

  • m. chothibul umam assa'ady Universitas Bumigora
  • Susilo Talidobel Universitas Bumigora
  • Baiq Nadia Nirwana Universitas Bumigora
  • heri hadi Universitas Bumigora

Abstract

Abstract: Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh efektivitas guru dan tata kelola sekolah yang profesional. Salah satu pendekatan strategis dalam meningkatkan keduanya adalah melalui revitalisasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat implementasi MBS di sekolah mitra sebagai upaya sistemik dalam meningkatkan kinerja guru dan mutu layanan pendidikan. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi pelatihan, workshop partisipatif, serta pendampingan langsung kepada kepala sekolah, guru, dan komite sekolah. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan manajerial di kalangan pemangku kepentingan sekolah, khususnya dalam perencanaan program, pengelolaan sumber daya, dan evaluasi berbasis data. Selain itu, guru-guru mulai menunjukkan perbaikan dalam perencanaan pembelajaran, kolaborasi tim, dan refleksi kinerja. Kesimpulannya, revitalisasi MBS yang dilakukan secara terstruktur dan kolaboratif mampu mendorong terjadinya perubahan positif dalam lingkungan sekolah, yang berdampak pada meningkatnya efektivitas kerja guru dan mutu pendidikan secara menyeluruh. Kegiatan ini direkomendasikan untuk direplikasi di sekolah lain dengan penyesuaian konteks lokal masing-masing.

Downloads

Published

2025-06-19

How to Cite

M. chothibul Umam Assa’ady, M. chothibul, Talidobel, S., Nadia Nirwana, B., & hadi, heri. (2025). Revitalisasi Manajemen Berbasis Sekolah: Upaya Sistemik Meningkatkan Efektivitas Guru dan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat IPTEKS, 2(2), 27–32. Retrieved from https://journal.rajawalimediautama.id/index.php/jppmi/article/view/101

Issue

Section

Articles