Pengembangan Inovasi Kemasan Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Bagi Umkm Keripik Pisang “Ibu Bunah” Kelurahan Nyapah Kecamatan Walantaka
Keywords:
UMKM, inovasi, Kemasan ProdukAbstract
Dalam sebuah produk, kemasan merupakan salah sat hal yang sangat penting. Melalui kemasan, produsen mampu menyampaikan nilai, isi, dan manfaat sebuah produk. Kemasan juga dapat memengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Agar konsumen tertarik untuk membeli, penjual harus melakukan pengemasan produk yang eye-catching. Pengembangan inovasi kemasan dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan keunggulan kompetitif bagi pelaku usaha, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) keripik pisang “Ibu Bunah”. Metode yang digunakan meliputi analisis kebutuhan konsumen dan desain kemasan yang menarik. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kemasan yang menarik dan inovatif dapat meningkatkan daya tarik produk dan memberikan keunggulan kompetitif yang signifikan. Penelitian ini mmeberikan panduan praktis bagi pelaku UMKM dalam mengadopsi strategi kemasan yang menarik untuk memenangkan persaingan di pasar.