Penggunaan Penggunaan Metode Ice Breaking dalam Keterampilan Speaking Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Mts Nurul Yaqin
DOI:
https://doi.org/10.64070/vkj.v2i4.110Keywords:
Ice Breaking, Speaking Skills, English, Chain Storytelling, Effective LearningAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi efektivitas ice breaking dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam bahasa Inggris. Partisipan penelitian ini adalah 15 siswa kelas VIII MTs Nurul Yaqin di kelas tersebut. Data dikumpulkan dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan berbicara dengan menggunakan Teknik Ice Breaking memperoleh hasil yang lebih baik daripada yang diajarkan berbicara tanpa Teknik Ice Breaking. Selain itu, ditemukan juga bahwa penggunaan ICE Breaking memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan berbicara mereka. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Ice Breaking, khususnya Chain Storytelling, diidentifikasi sebagai metode yang paling efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Secara keseluruhan, ice breaking merupakan metode yang sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa, terutama dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan dan dapat digunakan untuk penelitian lebih lanjut dalam keterampilan berbicara serta memberikan peluang yang luas untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar bahasa Inggris. Kata Kunci: Metode ice breaking, Keterampilan Berbicara.
References
Ekstrinsik, I. (2022). Analisa Faktor Yang Berpengaruh Pada Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Jurusan Pariwisata Budaya. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3330388&val=29225&title=ANALISA%20FAKTOR%20YANG%20BERPENGARUH%20PADA%20MOTIVASI%20BELAJAR%20BAHASA%20INGGRIS%20MAHASISWA%20JURUSAN%20PARIWISATA%20BUDAYA
Fanani, A. (2010). Ice breaking dalam proses belajar mengajar: Learning, routinity, boring, ice breaking. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 6(11), 25–28.
Farwati, D. Z., Rahmah, M., & Sutisna, E. (2018). The application of Ice Breaking activities in teaching english to junior high school students. Journal of English Teaching and Linguistics Studies (JET Li), 1(1), 16–26.
Harianja, M. M., & Sapri, S. (2022). Implementasi dan manfaat ice breaking untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1324–1330.
Kusumawardhani, S. T. E., & Mulyadi, D. (2018). Persepsi Siswa Terhadap Penerapan Ice Breaking dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 9 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 1. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/mahasiswa/article/view/189
Prihatini, S. R. (2021). Ice breaking sebagai stimulus dan reinforcement dalam belajar bahasa Inggris di program SKS (Sistem Kredit Semester) di SMA Negeri 5 Surabaya. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(3), 335–341.
Pujiarti, T. (2022). Pengaruh penggunaan teknik ice breaking terhadap hasil belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 30–35.
Risadi, M. Y., & Premananda, N. L. P. U. (2022). Yoga Ice Breaking Sebagai Sarana untuk Meningkatkan Fokus Mahasiswa dalam Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Yoga Dan Kesehatan, 5(2), 160–169.
Sa’diyah, K., & Suhaimy, F. (2023). Pengaruh Penggunaan ICE Breaking Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Studi Survei di Smk Negeri 7 Jakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(3), 1880–1893.
Salsabella, V., & Purnomosidi, F. (2025). Meningkatkan Konsentrasi Siswa melalui Permainan Ice breakingdi SD Kanisius Delanggu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 4(1), 66–71.