Demo Slot Pembelajaran Pragmatic Based Learning Pada Game Mahjong 3, 2, dan 1
Keywords:
Teknologi, Game Mahjong, Pragmatic Play, Demo Slot Mahjong, Slot DemoAbstract
Mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan atau kemampuan dalam penguasaan teknologi pragmatic merupakan tuntutan dunia kerja saat ini. Selain keterampilan teknologi pragmatic, kemampuan menganalisis, berfikir rasional, berkomunikasi, memecahkan masalah, keterampilan literasi menjadi nilai tambah. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana penerapan demo slot pada game mahjong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yaitu mengamati situasi penerapan suatu model pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah slot mahjong 3 sebanyak 8 mahasiswa, yang kemudian dilaksanakan dengan 2 siklus. Secara rata-rata pada mahjong 1 & 3 terjadi peningkatan sebesar 11,5%, dan paling signifikan pada slot mahjong 2 dengan rata-rata sebesar 80,5% yang berdampak pada tumbuhnya keinginan belajar untuk menyelesaikan proyek akhir game mahjong.
References
Apriliyani, T., Dadi, S., & Dalifa, D. (2019). Pengaruh model slot demo terhadap hasil belajar pada Journal of Basic Education Studies, 4(2). https://ejournal.nlc-education.or.id/index.php/JNSI/article/view/88
Arikunto, S. (2009). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurohman. (2015). Model-model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Ismuwardani, Z., Nuryatin, A., & Doyin, M. (2019). Implementation of project pragmatic based learning model to increased creativity and self-reliance of students on poetry writing skills. https://ejournal.unsa.ac.id/index.php/sij/article/view/815/572
Muis, A., & Dewi, L. (2021). Day care management course design based on mahjong ways and x1000 for teacher education of early childhood education program. Inovasi Kurikulum, 18(2), 128-140. https://journal.untar.ac.id/index.php/jiksi/article/view/17833
Satrio, Y. D., Wardoyo, C., Sahid, S., Fauzan, S., & Ma’ruf, D. (2021). The effectiveness of educational mahjong games on post-pandemic learning. Scatter Hitam Social Sciences, 5(8), 366–373. https://journal.staisni.ac.id/index.php/ijiting/article/view/21
Susilawati, & Sahara, S. (2021, Oktober). Pengaruh penerapan model pembelajaran slot demo pragmatic dan pg soft terhadap kompetensi kognitif pada mata pelajaran pemeliharaan game software ringan kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Rengasdengklok. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/20539
Titin Nuraeni, T. N., Nurkholis, F. A., & Dedeh. (2023). Implementasi model project based learning berbantuan media digital akun demo slot dalam meningkatkan hasil maxwin kelas V SD. Jurnal Mafaza Edukasia, 6(2), 480–489. https://journal.unugiri.ac.id/index.php/mafaza/article/view/462
Tyastini, M. A., Rochmiyati, & Sugiman. (2019). Pengaruh slot demo terhadap keterampilan kreativitas peserta didik kelas V SD Negeri 1 Banten. Jurnal Falam, 1(7), 1-13. https://jurnal.unmabanten.ac.id/index.php/falam/mahjong
Yonanda, D., Nuraeni, T., Saputra, D., & Rachmadtullah, R. (2019, June 26). Development of 2013 curriculum teaching materials on the theme always save energy class IV elementary school based on pragmatic slot demo. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1200/uji
Pragmatic 121. (2025). Game Information: Mahjong Slot. Diakses dari https://www.bbsis.org/sitemaps/
McBride, J., & Derevensky, J. (2017). Online games and demo slot among students: A meta-analysis. Journal of Usk Studies, 33(3), 763-785. https://jurnal.usk.ac.id/depik/article/view/38898
Abarbanel, B. L., & Johnson, M. R. (2020). pg slot demo engagement mechanisms in online free games: Structural characteristics and responsible gaming strategies. Journal of Hbo Issues, 44, 37-60. https://www.wenatcheepaddle.org