Analisis Peran Mitos Dalam Pendidikan Karakter Masyarakat: Studi Kualitatif Deskriptif
Keywords:
Pendidikan Karakter, Mitos Masyarakat, Penelitian KualitatifAbstract
Mitos memiliki peran penting dalam membentuk perilaku sosial dan moral masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran mitos dalam pendidikan masyarakat di Flores, Lombok Barat, dan Lombok Utara, serta menggali potensi mitos sebagai sarana pembelajaran yang efektif. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur dengan berbagai tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pemuka adat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mitos, seperti larangan keluar pada waktu maghrib dan larangan makan di depan pintu, memiliki dampak signifikan dalam menanamkan nilai-nilai moral dan disiplin pada masyarakat. Analisis menunjukkan bahwa mitos-mitos tersebut berperan dalam mengajarkan etika, menjaga keselamatan, dan menghormati waktu. Novelty penelitian ini terletak pada penghubungan mitos dengan teori pendidikan, seperti behavioristik dan konstruktivisme, yang menunjukkan bahwa mitos dapat menjadi media efektif dalam membentuk perilaku dan karakter positif. Dengan demikian, mitos dapat diintegrasikan dalam pendidikan formal dan non-formal untuk memperkuat pemahaman siswa tentang nilai-nilai budaya lokal
References
Amin, S. (2010). Pewarisan nilai sejarah lokal melalui pembelajaran sejarah jalur formal dan informal pada siswa sma di Kudus Kulon. UNS (Sebelas Maret University).
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan (Educational Philosophy). Istiqra, 1(2), 129-136.
Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan (Educational Philosophy). Istiqra, 1(2), 129-136.
Eliade, M. (1959). The sacred and the profane: The nature of religion. Harcourt, Brace & World.
Eliade, M. (1959). The sacred and the profane: The nature of religion. Harcourt, Brace & World.
Honko, L. (1984). The problem of defining myth. In L. Honko (Ed.), Sacred narrative: Readings in the theory of myth. University of California Press.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. SAGE Publications.
Marisya, T., & Sukma, A. (2020). Pendidikan dalam interaksi dua arah antara guru dan siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 23-30.
Marisya, T., & Sukma, A. (2020). Pendidikan dalam interaksi dua arah antara guru dan siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 23-30.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.
Patty, E. N. S., Anggrawan, A., Satria, C., Wardhana, H., Susilowati, D., Iriyani, S. A., & Rahim, A. (2023). Edukasi Pentingnya Pendidikan bagi Anak di Dusun Salut Kendal. 4(1), 173–180. https://doi.org/10.30812/adma.v4i1.3024
Patty, E. N. S., Iriyani, S. A., Hadi, H. S., Marlina, M., & Ria, R. R. P. (2024). The Impact of Teacher Experience and Motivation on the Performance of Elementary School Teachers in Wawo District, Bima, NTB. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 1–12.
Patty, E. N. S., Marlina, M., Iriyani, S. A., Syahrian, E., Isnain, M. F., & Rania, S. (2024). Eksplorasi Mitos Melalui Pendidikan: Perspektif Budaya Dan Pembelajaran. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 5(2).
Patty, E. N. S., Samidjo, S., & Sumadi, S. (2017). Pengaruh Pengalaman Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 1(1), 29–39. https://doi.org/10.53395/jes.v1i1.8
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Rohmana, F. (n.d.). MITOS MANDI SUMUR BERKAH. Sarman.
Skinner, B. F. (1953). Science and human behavior. Macmillan.
Skinner, B. F. (1953). Science and human behavior. Macmillan.
Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., Adiarta, A., & Artanayasa, W. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124.
Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., Adiarta, A., & Artanayasa, W. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i3.22187
Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., Adiarta, A., & Artanayasa, W. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i3.22187
Suwardani, N. P. (2020). “QUO VADIS” PENDIDIKAN KARAKTER: dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Unhi Press.
Wikipedia. (n.d.). Mitos. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Mitos#Fungsi