Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Program Linear
Keywords:
Mathematical Creative Thinking Ability, Linear ProgrammingAbstract
The purpose of this research was to determine the mathematical creative thinking skills of Class XI Sinar Buana Seminary High School students on Linear Programming material. The method used in this research is descriptive qualitative method. Data analysis techniques in this study are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that students' mathematical creative thinking abilities were in the Medium category because seen from the level of success and student achievement, Sinar Buana Seminary High School students in solving problems on linear program material the achievement level of students with mathematical creative thinking abilities only a few students achieved indicator success.
References
Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP pada materi bangun ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239-248.
Arikunto, S. (2007). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fardah, D. K. (2012). Analisis proses dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam matematika melalui tugas open ended. Jurnal Kreano, 3(2), 1-9.
Fitriarosah, N. (2016). Pengembangan instrumen berpikir kreatif matematis untuk siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1.
Inayati, N. (2012). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui metode kooperatif tipe team games tournament pokok bahasan perkalian dan pembagian bilangan pada siswa kelas 2 SD Negeri Sidorejolor 01 Salatiga semester II tahun 2011/2012. Salatiga.
Maryanto, N. R., & Siswanto, R. D. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari gaya kognitif dan gender. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 110-118.
Moma, L. (2015). Pengembangan instrumen kemampuan berpikir kreatif matematis untuk siswa SMP. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 27-41.
Ramlan, H. (2019). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal-soal logaritma pada kelas X MIA SMA Negeri 9 Makassar.
Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMK pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di Kota Cimahi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164-165.
Rusyanti, H. (2014). Pengertian pembelajaran matematika. [Online]. Diakses dari http://www.kajianteori.com/2014/02/pengertian-pembelajaran-matematika.html pada 1 Mei 2017.
Suripah, S., & Sthephani, A. (2017). Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam menyelesaikan akar pangkat persamaan kompleks berdasarkan tingkat kemampuan akademik. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 149-160.
Wijaya, A. J., Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2022). Tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open ended. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 108-122.